Artikel

Percepatan Penerimaan PKB, Samsat Gandeng Bank Brebes

    Dibaca 44 kali

Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Brebes, bekerja sama dengan Bank Brebes, untuk mempercepat penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman, oleh Kepala UPPD Samsat Brebes Agung Brilliantoro, dan Direktur Utama Bank Brebes Dadan Hardiana Agustina, di aula lantai 5, Kantor Pemerintahan Terpadu, Brebes, Kamis (13/7/23).

Agung Brilliantoro mengatakan kerja sama yang baru kali pertama dilakukan di Kabupaten Brebes ini, akan menjadi awal kerja sama serupa dengan sejumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) lain di Brebes.

Dia mengungkapkan harapan, pelayanan seperti ini akan mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Jika masyarakat yang memenuhi kewajibannya membayar pajak kendaraan semakin banyak, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga akan meningkat.

Agung melaporkan, dalam triwulan pertama, Kabupaten Brebes mengalami peningkatan PAD dari PKB sebanyak 7 persen dibandingkan tahun 2022, dan pada triwulan kedua, sebesar 11 persen.

Sementara untuk Bea Balik Nama, pada triwulan pertama naik sebesar 23 persen dan termasuk nomor satu se Jawa Tengah.

“Tentu, tantangan ke depan kita punya PR menuntaskan potensi kendaraan yang harus ditagih pajaknya,” ungkap Agung.

Kerja sama dengan Bank Brebes merupakan jawaban untuk mempermudah pelayanan dengan penambahan titik-titik layanan.

Dengan semakin mudah dan dekatnya pelayanan maka kesadaran masyarakat diharapkan semakin meningkat pula.

“Masyarakat tidak perlu jauh-jauh, karena sudah tersedia layanan yang dekat. Dan diharapkan, masyarakat semakin patuh membayar pajak,” harap Agung.

Direktur Utama Bank Brebes Dadan Hardiana Agustina menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya sebagaimana layanan Samsat pada umumnya.

Masyarakat yang mau membayar pajak kendaraan bermotor bisa langsung menuju ke Bank Brebes yang telah tersebar di 7 titik. Yakni Brebes, Jatibarang, Bumiayu, Tonjong, Ketanggungan, Banjaratma dan Bulakamba.

“Unit-unit tersebut sudah membuka pelayanan pembayaran PKB sejak awal 6 Juli 2023. Mari kita saling support dalam pelayanan masyarakat untuk memfasilitasi pembayaran pajak tahunan PKB,” ungkap Dadan.

Penjabat Bupati Brebes Urip Sihabudin yang disampaikan Asisten Sekda Brebes bidang Administrasi Umum Eko Supriyanto mengatakan, kerja sama pembayaran PKB antara UPPD Samsat dan Bank Brebes dipandang sebagai pemenuhan asas dalam pelayanan publik.

Dalam artian, keterjangkauan dan kemudahan perlu ditingkatkan kendati sekarang pembayaran PKB sudah bisa dilakukan secara online.

Namun perlu dilakukan perluasan pelayanan terhadap masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor untuk mewujudkan penerimaan pajak yang optimal.

Selain di samsat, salah satu alternatif pembayaran PKB 1 (satu) tahunan dapat dibayarkan melalui Bank Brebes.

“Perlunya kolaborasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dalam hal pendapatan daerah menjadi implementasi undang–undang nomor 11 tahun 2022, tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Termasuk di dalamnya pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor,” ungkap Eko.

Lanjutnya, dengan adanya undang-undang itu serta perjanjian kerja sama diharapkan penerimaan pajak maupun dana bagi hasil pajak dapat meningkat. Dengan begitu akan meningkat pula pembangunan daerah.

“Saya juga berpesan kepada badan maupun unit layanan terkait pendapatan daerah untuk senantiasa melakukan sosialisasi masyarakat wajib pajak. Selain untuk kepatuhan masyarakat, besaran pajak yang diterima juga akan berpengaruh terhadap jalannya roda pembangunan daerah,” kata Eko.

Tampak hadir antara lain, Kepala Jasa Raharja Perwakilan Pekalongan Sugeng Prastowo Dwi Putranto, Sekban Bapenda Agus Wahid, Satlantas Brebes, Bapenda Prov Jateng dan tamu undangan lainnya.