Artikel

Bank Brebes Gelontorkan Bantuan Air Bersih

    Dibaca 51 kali

Dropping air bersih di wilayah Brebes terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Brebes mengingat masyarakat yang terdampak krisis air bersih makin meluas dan berkepanjangan. Untuk mengurangi dampak tersebut, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bank Brebes menggelontorkan bantuan air bersih untuk warga Desa Siwungkuk, Kecamatan Wanasari, Brebes, Senin (2/10/2023).

“Kami berupaya membantu warga yang kekurangan air bersih untuk kebutuhan masak,” ujar Direktur Umum Bank Brebes Supriyantoi SE disela mengawal ke titik dropping.

Menurut Supriyanto, Bank Brebes berkewajiban mengalokasikan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab perusahaan terhadap sosial di lingkungan sekitar. Pihaknya mengirimkan 5 tangki dengan kapasitas 5000 liter pertangkinya yang disebar ke beberapa titik.

“Kami akan mendistribusikan 20 tangki untuk lima kecamatan di Kabupaten Brebes yang benar-bernar terdampak kekeringan,” ungkap Supriyanto.

Saat pemantauan, Supriyanto bersama Kepala Desa Siwungkuk Wapur sesekali mengarahkan warga agar tidak berebut air dan sabar mengantri. Juga turut menyalurkan selang air ke drigen, timba, ember dan alat penampung lainnya yang disodorkan warga.

Kepala Desa Siwungkuk Wapur, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi bantuan air bersih dari Bank Brebes serta Perumda Tirta Baribis yang telah membantu warganya yang terdampak Elnino.

Wapur mengaku bahagia atas kepedulian Pemkab melalui Bank Brebes berupa bantuan air bersih agar dapat dimanfaatkan warga sebaik mungkin. Pihaknya menjelaskan, Desa Siwungkuk merupakan salah satu desa rawan kekeringan dan rawan air bersih.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Agus Isyono menambahkan, sepanjang musim kemarau 2023, Tirta Baribis hingga pekan ketiga September 2023 sudah menggelontorkan bantuan air bersih sebanyak 1.478.000 liter.

Penerima manfaat droping air bersih sudah mencakup 11 kecamatan, 47 desa, 15.233 Kepala Keluarga atau 61.781 jiwa.
“Alhamdulillah sudah tersalurkan 322 tangki/rit atau 1.478.000 liter,” pungkasnya.

Tirta Baribis menyediakan sumber-sumber air untuk membantu masyarakat yang mengalami dampak kekeringan mulai pekan keempat bulan Juli 2023. Droping air selain dilakukan Tirta Baribis sendiri, juga menggandeng BPBD, DINSOS, PMI, Bank Brebes dan lembaga lain